Desain Rumah Jepang yang Simpel dan Hemat Tempat

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Konsep minimalis dan sejuk dengan tanaman simpel menjadi daya tarik desain rumah Jepang yang kini semakin banyak diadopsi masyarakat di berbagai negara. Desain rumah ini pun jadi kian mudah ditemui di kawasan pusat kota dengan lahan terbatas—tak terkecuali apartemen.

Ide rumah ala Jepang pun sangat relevan di masa kini mengingat semakin mahalnya harga tanah. Dengan demikian, area yang tidak terlalu luas dapat dimanfaatkan dengan maksimal sehingga penghuni pun tetap merasa nyaman.

Nah, apabila Anda tertarik untuk mengadopsi inspirasi rumah ala Jepang ini, simak beberapa tip berikut. Tenang saja, Anda juga tetap dapat memberi sentuhan modern, kok!

Baca juga: Ingin Desain Rumah yang Hemat Tempat? Mezzanine aja!

Menggunakan Aksen dan Material Natural

elledecoration.co.uk

Kesan simpel, menenangkan, hangat, dan homey rumah ala Jepang sangat terlihat dari penggunaan komponen alami. Sebut saja material kayu yang digunakan untuk lantai, panel dinding, hingga langit-langit. Beberapa rumah di Jepang bahkan menghadirkan batang pohon dalam pot sebagai pemanis di dalam ruangan.

Sayangnya, material alami seperti ini memang tidak murah dan tidak dapat sembarangan diaplikasikan. Namun sebagai penggantinya, Anda dapat menggunakan vinyl atau wallpaper.

Mengaplikasikan Warna Netral

Masih berkaitan dengan kesan menenangkan dan konsep minimalis ala zen, Anda desain rumah ala Jepang akan semakin terlihat dengan pemilihan warna netral. Pilihlah warna yang lembut dan sederhana seperti warna kayu, krem, putih, atau abu-abu lembut.

Anda tak perlu ragu untuk menggabungkan beberapa unsur warna netral ini untuk menimbulkan kesan kontras yang harmoni. Kendati demikian, pastikan komposisi tiap warnanya juga seimbang.

Baca juga: 9 Karakteristik yang Harus Ada Pada Rumah Minimalis

Meminimalkan Sekat Besar

‘Lapang’ adalah istilah yang pas untuk menggambarkan kondisi umum rumah ala Jepang. Kesan ini diperoleh karena pembatasan tiap ruang (terutama untuk tetap menjaga privasi) dilakukan dengan cara yang sangat cerdas.

Rumah-rumah di Jepang menggunakan shoji dan fusuma­—semacam pintu geser berbahan tipis yang terbuat dari kertas transparan (kertas shoji) dan gabungan kayu, kardus, dan kertas. Kalau ingin menciptakan kesan yang lebih modern untuk area publik, kamu bisa menggunakan pembatas seperti rak yang memiliki panel tipis.

Memperbanyak Bukaan

Jendela besar dan skylight membuat lebih banyak cahaya matahari masuk sehingga membuat pencahayaan dalam ruangan lebih baik. Selain itu, jendela atau cermin besar juga menjadi alternatif untuk membuat ruangan jadi terkesan lebih luas.

Jika renovasi rumah Anda tidak memungkinkan untuk dilakukan konsep ini, tak perlu khawatir. Padukan jendela kecil di rumah dengan dinding berwarna netral tanpa pajangan. Tip ini dijamin akan membuat ruangan terasa kian spacy dan airy.

Baca juga: Rumah Mediterania, Rumah Tropis yang Cocok untuk Iklim Indonesia

Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Konsep minimalis dalam pada rumah Jepang tidak lepas dari gaya hidup masyarakat Jepang yang minimalis pula. Salah satu hal yang dapat dilihat dari implementasi lifestyle ini adalah minimnya perabotan yang ada di dalam rumah.

Oleh karena itu, Anda juga perlu memulai gaya hidup minimalis bila ingin mengimplementasikan inspirasi rumah ala Jepang. Usahakan semua barang yang Anda miliki dan pajang adalah barang-barang yang memang digunakan. Adapun beberapa benda yang jarang dipakai dapat disimpan pada tempat yang tidak terlihat.

Itulah beberapa tip yang perlu Anda lakukan jika ingin mengadaptasi gaya rumah ala Jepang. Untuk hasil terbaik, jangan ragu untuk menggunakan jasa arsitek rumah Cipta Kreasi.

Tim kami terdiri dari kelompok profesional dan berpengalaman dalam jasa arsitek dan kontraktor rumah yang berdedikasi untuk membantu klien mewujudkan tempat tinggal terbaik. Setelah ratusan klien, kini saatnya kami membantu Anda. Yuk, klik tombol berikut ini!

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *