Ingin Desain Rumah yang Hemat Tempat? Mezzanine aja!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Rumah berkonsep modern sudah tak asing lagi dengan istilah mezzanine. Lantai tambahan ini menjadi solusi dalam memberi ruang ekstra tanpa harus menambah lantai bangunan rumah. Mezzanine biasanya berupa ruang terbuka, tetapi dapat pula menawarkan ruang pribadi yang nyaman dan fleksibel. Jadi bagi yang ingin memiliki desain rumah hemat tempat, Mezzanine sangat direkomendasikan untuk Anda. Cek seluk-beluknya dalam pembahasan di bawah ini.

Sekilas tentang Mezzanine

Banyak orang masih menganggap mezzanine sebagai bagian dari langit-langit bangunan. Namun, mezzanine sebenarnya mirip seperti balkon dalam ruangan atau lantai tambahan. Mezzanine berada di tengah, tepatnya antara lantai bawah dan plafon. Umumnya, luas mezzanine hanya sepertiga dari total luas ruangan. Dalam arsitektur Prancis, desain rumah yang satu ini juga diartikan sebagai ruangan dengan partisi yang tidak sampai naik ke langit-langit.

Dahulu, mezzanine kebanyakan dipakai untuk pabrik atau gudang karena bangunan sejenis ini punya atap yang tinggi. Konstruksinya pun bersifat sementara supaya lebih mudah dimodifikasi. Namun, mezzanine sekarang sudah digunakan di berbagai bangunan. Contohnya, toko, gedung perkantoran, rumah, apartemen, hotel, tempat ibadah, serta pertunjukan.

Baca juga: 9 Karakteristik yang Harus Ada Pada Rumah Minimalis

Apa Manfaatnya?

Selain sebagai ruang tambahan, mezzanine punya banyak manfaat. Mulai dari menghemat pengeluaran dengan memaksimalkan area yang tak terpakai maupun sebagai ruangan yang menunjang keperluan Anda. Mezzanine dapat dirancang sesuka hati, seperti desain terbuka, tertutup, sudut ruangan, jembatan, maupun di dalam kamar tidur.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membangun Mezzanine dalam Rumah

Fungsi

Fungsi mezzanine dapat ditentukan sesuai kebutuhan. Anda dapat memanfaatkannya sebagai ruang kerja, ruang bersantai, studio, atau kamar anak-anak. Apabila luas mezzanine terbatas, lantai tambahan ini bisa difungsikan sebagai pojok baca atau perpustakaan.

Baca juga: 5 Gaya Desain Rumah Terbaik 2020, Mana yang Cocok untuk Anda?

Luas Ruangan

Luas lantai mezzanine biasanya memakai sepertiga dari total luas ruangan dalam rumah. Maka dari itu, pastikan luas ruangan sudah memadai sehingga kehadiran mezzanine tidak mempersempit rumah Anda.

Pencahayaan

Mezzanine merupakan ruangan terpisah yang masih berhubungan dengan ruang utama. Jadi, ada baiknya menyesuaikan pencahayaan dengan fungsi mezzanine. Ini bertujuan agar aktivitas di ruangan yang berdekatan dengannya tidak terganggu.

Baca juga: Tips Lighting Rumah Ini akan Membuat Rumah Anda Terlihat Mewah!

Tinggi

Bukan luas ruangan saja, tinggi ruang pun harus diperhatikan agar mezzanine tidak membuat sesak. Seperti yang dilansir Impressive Interior Design, 440 cm adalah tinggi minimal ruangan tempat mezzanine. Ini disebabkan mezzanine yang akan mengambil bagian kira-kira 210 cm, termasuk plafon rumah.

Material

Terdapat beberapa material yang dapat dimanfaatkan untuk membangun mezzanine, antara lain, beton, besi, baja, dan kayu. Material yang paling sering digunakan untuk mezzanine adalah beton. Sementara itu, baja dan besi lebih mudah diaplikasikan pada ruangan. Jika memilih kayu, pastikan kualitas dan ketebalannya memadai agar mezzanine dapat berdiri kukuh.

Ruangan di Bawah Mezzanine

Pembangunan mezzanine membuat langit-langit ruangan di bawahnya menjadi lebih rendah. Buat kegiatan di bawah mezzanine menjadi lebih leluasa dengan menambahkan benda-benda penunjang. Misalnya, lampu penerangan dan kipas angin.

Itulah seluk-beluk dari desain rumah hemat tempat, mezzanine. Sekarang sudah tidak perlu bingung lagi dalam menentukan desain rumah yang hemat tempat. Semoga pembahasan di atas dapat memberikan wawasan dan inspirasi untuk Anda.

Jika ingin mendapatkan informasi seputar pembangunan dan renovasi rumah, tak ada salahnya mengandalkan jasa Cipta Kreasi. Yuk, klik tombol di bawah ini untuk berkonsultasi secara gratis dengan tim kami!

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *