9 Karakteristik yang Harus Ada Pada Rumah Minimalis

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Desain rumah minimalis memang sangat digemari oleh banyak kalangan. Banyak orang berlomba-lomba membangun atau merenovasi rumah mereka demi mengikuti tren desain yang satu ini. Dan “minim” menjadi poin utama yang disorot, karena tak hanya memberikan kesan yang elegan dan simpel, tapi konsep minimalis juga mencerminkan kepribadian yang efisien. Bingung cara menerapkan nilai minimalis pada rumah Anda? Ayo, simak dahulu 9 karakteristik rumah minimalis berikut ini!

Arsitektur bangunan yang geometris

Rumah bergaya minimalis biasanya diciptakan dalam bentuk geometris yang tegas. Secara fisik, Anda dapat melihat bahwa konsep rumah ini hanya berbentuk balok atau kotak. Bagian atapnya bahkan datar dan tidak disertai lekukan atau dekorasi.

Tata ruang sederhana

Desain rumah minimalis punya tata ruang yang polos, efisien, dan sederhana dengan volume ruang bertingkat. Ciri khasnya ialah bentuk simpel, dinding interior minimal, denah lantai terbuka, penekanan pada keleluasaan pandangan, dan area penyimpanan praktis.

Pemilihan warna dinding yang lembut dan bersih

Warna monokrom seperti putih dan abu-abu sudah tidak asing lagi dalam rumah minimalis. Keduanya tampak netral dan lebih bersih dibanding warna-warna lain. Pastinya, ini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memiliki rumah modern, elegan, dan sederhana.

Pengoptimalan fungsi jendela kaca

Jika dilihat dari sisi luar, rumah minimalis cenderung menunjukkan intensitas pemakaian kaca. Tampak jendela-jendela besar dan lebar yang menghiasi rumah ini. Desain jendela tersebut bertujuan supaya cahaya matahari dan udara dapat masuk ke rumah dengan mudah.

Dengan begitu, rumah akan memperoleh pencahayaan alami dan mendapatkan penekanan nilai estetika pada perabot yang terpapar sinar. Selain itu, tingkat kelembapan rumah pun akan terjaga.

Minim pembatas ruangan

Rumah minimalis memang tidak punya banyak pembatas ruangan. Alasannya karena tema minimalis mengedepankan efisiensi ruang. Pilar dan sekat hanya akan menjadikan ruangan tampak sesak ketika tak benar-benar diperlukan.

Masing-masing ruang akan berada dalam satu tanah luas dan cukup dipisahkan oleh perabotan. Pengecualian untuk kamar mandi dan kamar tidur yang membutuhkan ruangan terpisah.

Baca juga: Ingin Desain Rumah yang Hemat Tempat? Mezzanine aja!

Detail eksterior simpel

Detail eksterior pada rumah minimalis dikenal simpel. Apabila menggunakan warna monokrom untuk interior, memilih bahan bertekstur untuk eksterior bukanlah masalah. Namun, ingat untuk menentukan detail yang tetap simpel, misalnya garis-garis tegas yang tidak disertai dekorasi apa pun.

Adanya taman minimalis

Rumah minimalis umumnya memang dibangun di lahan yang tak begitu luas. Namun, kehadiran taman yang mungil dan cantik tak ketinggalan menyegarkan suasana rumah minimalis. Biasanya, taman akan diposisikan di depan teras dan ditumbuhi dengan rumput teki. Sebagian orang juga menambahkan bunga dan tumbuhan kecil, tetapi tetap tak membuat taman terkesan ramai.

Baca juga: 5 Inspirasi Taman yang Cocok untuk Bersantai Sore

Ruang terbuka, bersih, dan terang

Sedikitnya sekat dan pemakaian furnitur membuat interior rumah minimalis terlihat lapang. Oleh sebab itu, konsep ini dapat menyiasati lahan mungil dan tetap menyuguhkan kelegaan.

Dilengkapi perabot minimalis

Setiap ruangan hanya akan dilengkapi dengan perabot esensial. Ukurannya pun tak terlalu besar dan tidak memiliki banyak dekorasi. Jadi, ruangan yang kecil tetap terkesan tenang dan luang.

Baca juga: 5 Gaya Desain Rumah Terbaik 2020, Mana yang Cocok untuk Anda?

Itulah 9 karakteristik rumah minimalis yang bisa anda terapkan pada rumah Anda. Bagi yang tidak menyukai kesan mewah dan megah, konsep ini bisa jadi alternatif yang cocok untuk Anda. Rumah minimalis akan membuat Anda betah dengan keteraturan, ketenangan, dan keelokan yang tercipta.

Apabila ingin mencari informasi lebih lanjut tentang rumah minimalis, konsultasi dengan Cipta Kreasi saja! Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis bersama tim profesional kami.

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *