Inspirasi Rumah Hemat Tempat dan Biaya untuk Pasangan Muda

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Mempunyai rumah sendiri untuk pasangan yang baru menikah tentu menjadi impian. Namun, rencana untuk bangun rumah tentu tidak bisa dipersiapkan hanya dalam hitungan minggu saja. Oleh karena itu, terutama bagi pasangan muda di kawasan kota besar, perencanaan biaya dan desain rumah harus disiapkan dengan matang. Nah, bila Anda dan pasangan sedang dalam kondisi ini, jangan khawatir. Berikut adalah beberapa inspirasi rumah hemat tempat dan biaya untuk pasangan muda yang aman dan nyaman.

Baca juga: Cara menentukan budget bangun rumah sendiri

Minim Sekat

Desain rumah modern di lahan terbatas banyak mengusung konsep minim sekat. Sebagai contoh, ruang tamu dan ruang keluarga biasanya akan digabung—beberapa juga menyatukan dengan ruang makan serta dapur.

Apabila ingin memberi privasi, Anda bisa menggunakan furnitur yang tidak terlalu tebal atau besar. Seperti contoh, Anda dapat memakai rangka kayu yang dapat dipercantik dengan bunga atau tanaman hias lainnya, tanaman dalam ruangan yang cukup tinggi, akuarium, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Cerdas Financing Rumah Pribadi untuk Kaum Millennial

Konsep Split Level

Desain rumah split level sangat cocok bagi Anda yang mempunyai lahan terbatas, tetapi memerlukan cukup banyak ruangan dengan luas masing-masing yang cukup lega.  Adapun yang dimaksud dengan rumah split level adalah rumah yang menggunakan ketinggian lantai setengah antara lantai dan langit-langit. Kendati demikian, dalam praktiknya kini banyak split level yang hanya menggunakan perbedaan ketinggian lantai beberapa puluh sentimeter saja.

Tidak seperti rumah tingkat, rumah split level hanya menggunakan beberapa anak tangga pendek untuk menghubungkan antara level yang satu dan level lainnya. Selain membuat ruangan terasa lebih luas, split level juga membuat sirkulasi udara dan cahaya lebih baik serta memberi ruang-ruang tambahan yang dapat dimanfaatkan sebagai penyimpanan.

Baca juga: Ingin Desain Rumah yang Hemat Tempat? Mezzanine aja!

Ruang Terbuka dalam Rumah

Bicara soal sirkulasi udara, kehadiran ruang terbuka seperti taman adalah opsi terbaik. Ruang terbuka pun juga memberi kesan rumah yang lebih luas dan santai tanpa harus menggunakan banyak furnitur sebagai estetika.

Lahan yang diperlukan untuk menghadirkan open space tidak harus besar—apalagi jika luas tanah sudah sangat terbatas. Namun, Anda juga perlu jeli dalam melakukan penataannya sehingga seimbang dengan proporsi ruangan. Tak lupa, penggunaan material serta warna juga berperan penting untuk menghadirkan open space yang maksimal di rumah idaman.

Baca juga: 5 Inspirasi Taman yang Cocok untuk Bersantai Sore

Instalasi Kaca dan Cermin

Instalasi kaca dan cermin juga banyak ditemui pada inspirasi rumah lahan terbatas yang tetap nyaman dan modern. Dua material ini dapat menjadi pembatas sekaligus menambah aksen ruangan lebih luas.

Kaca juga dapat menjadi alternatif yang bagus untuk meningkatkan pencahayaan. Pada beberapa bagian, Anda bisa menggunakan model kaca floor to ceiling window yang menjadikan rumah terkesan mewah. Pun bila memungkinkan, tak ada salahnya menggunakan model skylight window.

Baca juga: Ini Dia Cara Kreatif Menggunakan Area Void Rumah

Membangun rumah hemat tempat dan biaya tanpa harus mengorbankan kenyamanan dan estetika tidaklah sulit. Kendati begitu, perlu dilakukan perancangan yang tepat dan matang agar semua sudut rumah dapat dinikmati sebaik mungkin.

Cipta Kreasi sebagai jasa bangun rumah telah membantu ratusan klien untuk mewujudkan tempat tinggal idaman mereka bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Kini, saatnya kami membantu Anda dan pasangan untuk menghadirkan rumah impian yang penuh rasa dan cinta.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera klik tombol berikut untuk mendapatkan konsultasi gratis untuk mewujudkan rumah impian Anda.

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *