Concrete House, Konsep Rumah Beton yang Kokoh dan Simpel

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Salah satu material bangun rumah yang sering digunakan saat ini adalah beton atau concrete. Beton sendiri merupakan hasil percampuran dari semen portland, air dan tambahan agregat. Agregat pun sangat bervariasi jenisnya mulai dari bahan kimia tambahan, bahan buangan non kimia sampai serat. Beton dibuat dengan perbandingan tertentu agar cukup kuat sebagai bahan bangunan. Seperti layaknya material bangunan lain, beton memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan. Uraian berikut ini bisa menjadi pertimbangan saat Anda ingin membangun concrete house atau rumah beton sebagai hunian Anda dan keluarga!

Kelebihan Material Beton

  • Harganya relatif terjangkau. Kecuali semen Portland, bahan-bahan campuran lainnya termasuk beragam agregatnya cukup murah dan gampang didapat
  • Material dari beton tahan aus dan kebakaran. Ini membuat biaya perawatannya lebih sedikit
  • Dari segi durabilitas, beton memiliki daya tahan yang tinggi, tahan karat bahkan pembusukan akibat dampak lingkungan sekitar
  • Dibandingkan dengan beton tak bertulang atau pasangan batu, ukurannya jauh lebih kecil
  • Bahan beton segar mudah dibawa atau dicetak menjadi bentuk apa pun dengan ukuran apa pun sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Yuk Kenali Berbagai Jenis & Fungsi Beton

Kekurangan Material Beton

  • Material beton mempunyai kuat tarik yang cenderung rendah. Ini membuatnya mudah retak termasuk karena dampak cuaca atau guncangan. Karena itu, kontraktor perlu menambahkan tulangan baja atau tulangan dari kasa
  • Untuk menghindari pengerutan saat beton segar kering atau pengembangan saat beton keras basah, Anda perlu memberikan dilatasi atau construction joint. Ini berlaku bagi struktur beton yang berukuran besar/panjang/lebar. Gunanya memberi ruang penyusutan dan pengembangan pada beton
  • Pada beton keras, pengembangan dan penyusutan bisa terjadi karena perubahan suhu. Karena itu pembuatan dilatasi atau expansion joint diperlukan agar tidak terjadi retak-retak karena perubahan suhu yang terus menerus
  • Bahan beton tidak bisa kedap air secara sempurna. Air bisa merembes kapan saja. Air yang mengandung garam bisa merusak beton
  • Sifat getas (tidak daktail) sehingga untuk memadukan dengan tulangan baja harus dilakukan penghitungan secara detail agar menjadi daktail. Pengukuran ini penting terutama dalam pembuatan struktur tahan gempa.

Baca juga: Tembok Rumah Retak Hanya dalam 1 Tahun? Ternyata ini Alasannya

Tips Perawatan Rumah Beton

Agar material beton rumah Anda bertahan lama, perawatan yang rutin diperlukan. Langkah awalnya adalah melindungi dinding dengan cat. Saat ini ada banyak pilihan cat dinding yang tahan air bahkan bakteri. Penggunaan cat semacam ini bisa membuat daya tahan beton semakin tinggi.

Untuk perawatan rutin lainnya adalah dengan membersihkan kotoran dari permukaan dindingnya. Jika ada noda yang sulit hilang, gunakan cairan kimia pembersih khusus. Pastikan Anda membersihkannya dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan cat/beton.

dwell.com

Meskipun memiliki berbagai kekurangan, concrete house atau rumah beton masih menjadi pilihan favorit saat ini. Dengan teknologi pembangunan yang semakin canggih, saat ini rumah berbahan beton memiliki daya tahan yang semakin baik. Untuk menjamin rumah yang Anda bangun memiliki daya tahan baik, pastikan Anda menggunakan jasa kontraktor terpercaya saat membangunnya.

Cipta Kreasi hadir untuk Anda yang ingin membangun atau melakukan renovasi rumah. Sebagai penyedia jasa bangun rumah, kami melayani konsultasi mulai dari perencanaan desain hingga pengecekan estimasi bujet.

Jangan sembarangan memilih kontraktor. Hanya Cipta Kreasi yang siap membantu Anda membuat konsep, mendesain hingga renovasi rumah impian Anda. Klik link dibawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dengan tim!

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Konsultasi Gratis!