fbpx

Bangun Kos VS Bangun Rumah VS Bangun Ruko, Apa Bedanya?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Ketika akan mendirikan bangunan, hal yang pertama kali harus dipertimbangkan adalah untuk apa bangunan tersebut difungsikan nantinya. Bangunan yang akan digunakan untuk tujuan komersial, tentu akan memiliki desain yang berbeda dengan hunian. Begitu juga ketika Anda akan mendirikan kos dan ruko.

Secara umum, rumah, ruko dan kos berada dalam kategori yang berbeda. Jika rumah dan kos termasuk hunian, ruko merupakan bangunan komersial. Apa yang membedakan proses pembangunan ketiganya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Lokasi

Lokasi di mana konstruksi bangunan dibuat adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan. Ruko misalnya, dibuat untuk tujuan komersial yakni berniaga. Agar ruko bisa berfungsi sesuai dengan tujuan pembangunannya, posisinya harus strategis dan mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Begitu juga dengan rumah kos. Meski termasuk ke dalam kategori hunian, rumah kos dibuat untuk disewakan. Biasanya para pencari rumah kos menyewa karena rumah kos memiliki kelebihan seperti akses yang mudah ke jalan raya atau memiliki lokasi yang dekat dengan kampus, sekolah maupun gedung perkantoran.

Rumah juga sebenarnya membutuhkan akses yang cukup baik. Namun umumnya lebih terbatas pada tempat-tempat umum seperti rumah sakit, sekolah maupun pusat perbelanjaan. Pemilihan lokasi rumah juga cenderung lebih fleksibel, tergantung pemilik yang ingin membangunnnya.

Baca juga: Perbedaan Membangun Kos-kosan dan Rumah Menurut Kontraktor

Photo by Pixabay on Pexels

Ukuran dan Layout Bangunan

Dari segi volume atau ukuran, kos, rumah dan ruko juga memiliki sejumlah perbedaan. Rumah kos misalnya, dibangun dengan tujuan untuk menampung banyak orang sehingga biasanya ukurannya lebih besar. Banyaknya sekat-sekat yang digunakan serta kebutuhan penghuninya juga berpengaruh pada layout atau penataan ruangannya. Selain kamar-kamar yang ditata dengan posisi tertentu, rumah kos biasanya dilengkapi dengan banyak kamar mandi dan beberapa area umum. Dapur umum, ruang makan sampai area parkir pada rumah kos juga jauh lebih luas dibanding ruko atau rumah tinggal.

Di sisi lain, ruko kebanyakan dibangun sebagai gedung bertingkat. Ukuran standar yang digunakan untuk ruko biasanya berkisar antara 3,5-5 meter dengan panjang termasuk area luar berkisar 9-15 meter. Karena areanya yang sempit inilah ruko dibangun dengan 1 atau 2 lantai di atasnya.

Di area bawah difungsikan sebagai tempat untuk display barang sekaligus melayani pelanggan. Sedangkan di lantai 2 atau 3 dijadikan tempat penyimpanan stok, area kantor atau tempat tinggal.

Sementara itu, ukuran rumah jauh lebih fleksibel. Anda bisa bangun rumah sesuai dengan kebutuhan. Penataan layoutnya juga bisa diatur berdasarkan preferensi. Meskipun rumah juga memiliki beberapa ruangan yang sama dengan rumah kos, namun biasanya porsinya berbeda. Tergantung pada jumlah anggota keluarga yang akan tinggal di dalamnya.

Struktur Bangunan

Struktur bangunan berkaitan erat dengan daya tahan bangunan mengakomodasi semua kegiatan penghuninya. Rumah kos dengan penghuni yang banyak harus mampu menahan beban mobilitas yang tinggi. Apalagi jika Anda membangun rumah kos yang bertingkat. Anda harus memastikan kekuatan fondasi bangunan. Pemilihan material juga sebaiknya dilakukan dengan saksama demi mendukung daya tahan bangunan.

Ruko juga terbilang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Apalagi jika area di lantai dua digunakan untuk menyimpan stok barang. Seperti bangunan bertingkat lain, fondasi juga harus dibuat dengan kekuatan yang baik. Jika Anda sering melakukan bongkar muat barang, bagian depan juga wajib dicor supaya lantai tidak mudah rusak dan amblas.

Meskipun tidak memiliki fungsi khusus, struktur bangunan juga sebaiknya tetap diperhatikan. Bagian fondasi, dinding, lantai hingga atapnya sangat berperan penting untuk mendukung fungsi dan daya tahan bangunan. Tidak seperti ruko, dari segi desain rumah biasanya mendapatkan perhatian lebih. Terutama pada bagian interiornya. Penataan ini dilakukan agar semua penghuni merasa nyaman dan betah tinggal di dalamnya.

Bagi Anda yang ingin bangun rumah impian namun tidak tahu mau memulai dari mana, Cipta Kreasi hadir memberikan solusi. Sebagai penyedia jasa kontraktor satu pintu, kami siap membantu Anda merencanakan hingga mengeksekusi hunian impian Anda. Konsultasikan terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan dengan tim kami sekarang juga.

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Yuk Konsultasi Gratis!