Waspada! Jangan Tanda Tangan Kontrak Kerja Kontraktor sebelum Tahu 5 Hal Ini

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Semua orang pasti ingin agar proyek rumahnya berjalan dengan lancar dan selesai dengan hasil yang maksimal. Disinilah peran kontraktor handal dibutuhkan. Namun, tak hanya pemilihan kontraktor yang menjadi faktor penting dalam keberhasilan proyek bangun rumah Anda, tapi juga kontrak kerja kontraktor yang akan Anda dan kontraktor tanda tangani.

Kontrak kerja adalah bukti terjadinya kesepakatan kerja antara dua pihak yang dibuat untuk menghindari kesalahpahaman atau miskomunikasi, sehingga proyek bisa berjalan lancar sesuai harapan. Nah, sebelum menandatangani kontrak kerja kontraktor, pastikan Anda mengetahui hal-hal berikut:

1. Alasan Pembuatan Kontrak Kerja

Fungsi utama kontrak adalah sebagai pelindung terkuat semua pihak yang berperan dalam proyek. Biasanya, setelah menemukan kontraktor terbaik, Anda akan membahas kebutuhan proyek secara lebih mendetail dan detail ini akan dicantumkan di kontrak. Jangan lupa untuk membahas klausul kontrak secara mendetail karena hal ini dapat mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

2. Pastikan Reputasi dan Lisensi Jasa Kontraktor

Maraknya penipuan seperti uang proyek dibawa kabur dan ditinggal tengah jalan pastinya membuat Anda lebih hati-hati dalam memilih kontraktor. Memang, ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa kontraktor untuk Anda, tapi pastikan bahwa Anda mengetahui informasi dasar seperti kontak, alamat, hingga kredibilitas dan reputasi perusahaan terlebih dahulu.

Pastikan juga semua informasi tersebut tercantum dalam perjanjian kontrak. Termasuk lisensi atau izin usaha yang membuktikan bahwa perusahaan jasa konstruksi tersebut dijamin perlindungannya oleh negara, dan sudah pasti tidak abal-abal.

Baca juga: Cara Memilih Kontraktor Rumah Terbaik

3. Ruang Lingkup Pekerjaan dan Durasi Pelaksanaan

Anda pasti memiliki konsep tertentu untuk proyek yang akan dijalankan, dan pastinya ingin proyek ini berjalan dengan lancar. Nah, agar semua terlaksana sesuai dengan keinginan, pastikan semua konsep tertuang dalam kontrak yang dibuat. Berikan pula informasi tentang tanggal dilaksanakannya proyek, lokasi pelaksanaan, nama perancang, jumlah pekerja, dan informasi lain yang terkait.

Jangan lupa juga untuk membicarakan & mencantumkan informasi tentang durasi pelaksanaan. Terkadang, proyek bisa berjalan lebih lama dari waktu tenggat karena berbagai alasan. Entah karena Anda atau kendala dari pihak kontraktor. Jadi, cantumkan pula durasi pelaksanaan agar semua pekerjaan bisa selesai tepat pada waktunya.

4. Pembayaran dan Jaminan Garansi

Kalau membicarakan proyek, pembayaran pasti menjadi aspek yang sangat krusial. Tentu saja, tidak ada pihak yang ingin dirugikan, baik Anda maupun kontraktor Anda. Mungkin nominal proyek sudah disepakati, tetapi jangan lupa untuk menentukan kapan tenggat waktu pembayaran harus diselesaikan. Jika memang diperlukan, berikan pula rincian pembayaran jika pelunasan dilakukan dalam bentuk angsuran.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah garansi. Biasanya, pihak kontraktor akan memberikan jaminan selama satu tahun sejak proyek selesai. Artinya, Anda bisa mengajukan klaim pada perusahaan jika terjadi kendala yang memang masih tanggung jawab pihak kontraktor, tentunya apabila proyek masih dalam masa garansi.

5. Pengecualian Kesepakatan

Tidak hanya berisi kesepakatan, perjanjian kontrak juga harus memuat informasi pengecualian atau hal-hal yang tidak menjadi tanggung jawab Anda maupun pihak perusahaan kontraktor. Adanya pengecualian ini akan membuat Anda lebih mengerti risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang dan menyiapkan anggaran tambahan sebagai tindakan antisipasi dan penanganan.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menandatangani perjanjian kontrak dengan kontraktor. Ingat, keberhasilan proyek rumah Anda yang jadi taruhan.

Jika Anda belum menemukan jasa kontraktor untuk proyek rumah Anda, Cipta Kreasi siap membantu! Cukup klik tombol dibawah ini dan Anda akan mendapatkan konsultasi gratis dengan kontraktor kami.

Lihat juga: Contoh kontrak kerja kontraktor Cipta Kreasi disini

Salam hangat,

Tim Cipta Kreasi

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

2 thoughts on “Waspada! Jangan Tanda Tangan Kontrak Kerja Kontraktor sebelum Tahu 5 Hal Ini”

  1. Pingback: Anda Memakai Jasa Tukang Borongan? | Kontraktor Cipta Kreasi

  2. Pingback: 5 pertanyaan yang wajib anda tanyakan sebelum membangun rumah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Yuk Konsultasi Gratis!