Mengurus Surat IMB, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Kalau membicarakan rumah atau bangunan, pasti tidak akan pernah lepas dari perizinan, dalam hal ini tentu saja Izin Mendirikan Bangunan alias IMB. Mengurus surat IMB dapat membuat properti lebih mudah dijual atau disewakan, serta sebagai syarat wajib kalau ingin mengubah status kepemilikan bangunan.

Ketiadaan IMB akan cukup menyulitkan pemilik properti. Tanpa IMB, pemerintah berhak melakukan pembongkaran bangunan, menghentikan proses pembangunan, dan bahkan pemilik dapat dikenai denda. Jadi, pastikan Anda telah mengantongi izin untuk mendirikan bangunan sebelum memulai membangun, ya!

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda siapkan untuk mengurus surat IMB.

Persiapan Mengurus Surat IMB

Sebenarnya, IMB memiliki beberapa tipe yang bergantung pada jenis bangunan yang hendak didirikan. Seperti bangunan rumah tinggal, non-rumah tinggal dengan jumlah lantai delapan, dan non-rumah tinggal dengan jumlah lantai sembilang atau lebih. Persyaratan yang dibutuhkan juga tidak sama, seperti di DKI Jakarta, dokumen yang harus ada ketika hendak mengurus IMB rumah tinggal adalah sebagai berikut:

  • Salinan Kartu identitas yang masih berlaku (KTP atau SIM).
  • Salinan Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP).
  • Salinan surat yang menyatakan adanya bukti kepemilikan tanah.
  • Surat pernyataan dengan materai yang menyatakan bahwa tanah milik tidak sedang berada dalam kondisi sengketa.
  • Lima (5) rangkap Ketetapan Rencana Kota (KRK).
  • Lima (5) rangkap rancangan arsitektur bangunan lengkap dengan tanda tangan arsitek sebagai pemilik Izin Pelaku Teknis Bangunan (IPTB).

Langkah-Langkah Mengurus Surat IMB

Setelah melengkapi semua persyaratan yang diperlukan untuk mengurus surat IMB, tahapan berikutnya adalah pengajuan pengurusan surat. Sekarang, membuat IMB untuk bangun rumah bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu datang langsung ke kantor kecamatan dan mengurus secara online. Adapun tahapan mengurus IMB dengan mendatangi kantor kecamatan adalah sebagai berikut:

  • Membawa semua dokumen persyaratan yang diwajibkan.
  • Bagi hunian dengan luas kurang dari 500 meter persegi, bisa langsung mengunjungi bagian loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kantor kecamatan.
  • Jika ada kelengkapan teknis yang belum terpenuhi, seperti rancangan arsitektur bangunan, petugas kecamatan akan memberikan bantuan dengan mendatangi hunian Anda.
  • Membayar biaya retribusi permohonan surat IMB.
  • Pemerintah daerah akan melakukan pemeriksaan kelengkapan dan keaslian dokumen selama 7 hingga 14 hari kerja.
  • Pemilik bangunan menyerahkan bukti pembayaran retribusi pada petugas pemerintah daerah.
  • Surat IMB akan dikeluarkan dalam jangka waktu 7 hari sejak petugas menerima tanda bukti pembayaran retribusi.

Mengurus IMB secara online

Nah, jika Anda mengajukan permohonan pembuatan IMB bangun rumah secara online, berikut langkah-langkahnya:

  • Scan atau pindai semua dokumen persyaratan.
  • Akses situs https://dcktrp.jakarta.go.id/beranda/v.1/ jika Anda berdomisili di wilayah DKI Jakarta. Sementara untuk domisili Bogor, perizinan IMB online bisa mengakses situs https://perizinan.kotabogor.go.id/ dan https://dpmptsp.bandung.go.id/ untuk domisili wilayah Bandung.
  • Lakukan register dan masuk dengan akun yang telah dibuat.
  • Pilih surat IMB yang akan dibuat, apakah untuk rumah tinggal atau non-rumah tinggal dan lampirkan pula gambar arsitektur bangunan.
  • Isi data yang diminta pada formulir dan unggah semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  • Bayarkan biaya retribusi pengurusan IMB melalui bank daerah. Misalnya, untuk wilayah DKI Jakarta, pembayaran dilakukan di Bank DKI.
  • Pindai bukti pembayaran, lalu unggah ke halaman situs. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu konfirmasi atau pemberitahuan melalui email.

Gimana? Mengurus IMB untuk rumah Anda ternyata tidak sesulit itu, bukan? Jadi, jangan sampai Anda tidak melakukan pengurusan perizinan pendirian bangunan, ya!

Jika Anda masih merasa bahwa Anda membutuhkan bantuan untuk mengurus IMB Anda, kami dari Cipta Kreasi Kontraktor siap membantu Anda. Cukup klik tombol dibawah ini dan kami akan langsung menghubungi Anda!

Baca juga: 7 langkah mudah membangun dengan jasa kontraktor

Salam hangat,

Tim Cipta Kreasi

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Yuk Konsultasi Gratis!