Jenis Plafon Rumah dan Kelebihannya

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Plafon adalah salah satu bagian pada rumah yang berfungsi sebagai pembatas antara ruangan dengan atap. Plafon berguna untuk meredam panas dan bunyi yang berasal dari luar. Tidak hanya itu, pemasangan plafon juga dapat menambah keindahan ruangan secara unik. Nah, sebelum menentukan jenis plafon yang akan dipasang pada rumah, ketahui terlebih dahulu material apa saja yang umum digunakan serta kelebihannya. Berikut ulasannya.

Tripleks

rumahpedia

Tripleks adalah material bangunan yang dapat dipakai untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat furnitur hingga menjadi bahan plafon. Ada beragam jenis tripleks, di antaranya particle board, teakblock, plywood, dan MDF (Medium Density Fiberboard). Tiap jenis memiliki kelebihan yang berbeda.

Secara umum, tripleks mudah dibentuk dan dipasang. Ukurannya pun bervariasi sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk bahan plafon, tripleks yang digunakan biasanya memiliki ketebalan antara 2-5 mm. Kelebihan lain dari material ini adalah bisa menjadi tumpuan. Karena terbuat dari olahan kayu, tripleks pun aman untuk instalasi listrik. Selain itu, harganya terjangkau.

Gipsum

medium

Material lain yang juga populer dijadikan sebagai bahan plafon adalah gipsum. Plafon gipsum dapat memberikan sentuhan yang berbeda pada interior ruangan karena tampilannya yang halus dan rapi. Berdasarkan karakteristiknya, gipsum dibedakan atas beberapa jenis, antara lain TopLine, BaseLine, AquaLine, FireLine, ThermaLine, dan DuraLine.

Selain menawarkan nilai estetis, jenis plafon gipsum juga unggul dalam hal pengerjaan yang cepat. Material ini pun mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang ekonomis. Tak heran jika gipsum banyak dipilih sebagai plafon di berbagai rumah masa kini.

Baca juga: Apakah Anda Memakai Jenis Besi yang Tepat Pada Rumah Anda?

Kayu

Kayu termasuk jenis plafon yang tergolong mewah. Dibandingkan tripleks dan gipsum, harga kayu cenderung lebih mahal. Namun, material bangunan ini lebih tahan lama, terutama jika menggunakan jenis kayu berkualitas seperti meranti, sonokeling, jati, merbau, dan sebagainya.

Keunggulan plafon kayu adalah menawarkan tampilan yang artistik sekaligus rapi dan hangat. Kesan natural sangat kental sehingga cocok untuk rumah model terbuka yang ramah lingkungan. Material kayu juga tidak akan menyusut saat sudah dipasang sehingga lebih aman.

PVC (Polivinil Klorida)

99.co

PVC merupakan material yang cukup dikenal dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bahan pakaian, kabel listrik, hingga pipa. Selain itu, PVC juga dapat diaplikasikan menjadi plafon rumah. Keunggulan material ini adalah memiliki bobot yang ringan, anti api, anti air, serta anti rayap. Jadi, ketahanannya tak perlu diragukan lagi.

PVC juga mudah dipasang dengan sistem knock down. Bukan hanya itu, bahan plafon ini menawarkan warna bawaan yang unik. Jadi, jika dipadukan dengan pencahayaan ruangan yang bagus, tampilan plafon akan tampak lebih stylish.

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Yuk Kenali Berbagai Jenis & Fungsi Beton

GRC (Glass-Fiber Reinforced Concrete)

dekoruma

GRC adalah material yang terbuat dari bahan campuran serat dan semen. Bahan dasar untuk membuat plafon dari GRC mirip dengan beton, hanya saja tanpa tulang baja. Material ini kerap digunakan untuk membuat langit-langit yang berbentuk kubah.

Keunggulan plafon GRC adalah lebih tahan air sehingga cocok digunakan pada ruangan yang sering basah atau berisiko lembap. Selain itu, plafon GRC juga dinilai sangat tahan lama, baik saat digunakan untuk interior maupun eksterior ruangan.

Baca juga: Wajib Tahu! 7 Jenis Pondasi Rumah dan Kelebihannya

Nah, itulah beberapa jenis plafon rumah berdasarkan material bangunan yang biasa digunakan. Pastikan Anda mempertimbangkan keunggulan tiap material terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan jasa Cipta Kreasi untuk membangun rumah dengan plafon yang paling cocok dengan tema rumah. Dapatkan konsultasi gratis dengan klik pada tombol di bawah ini.

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *