Jangan Tertipu! Inilah Harga Bahan Bangunan Terbaru 2020

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Pemilihan bahan bangunan yang digunakan akan berpengaruh terhadap kualitas rumah sekaligus anggaran pembangunan rumah Anda. Jadi, dengan menentukan jenis material yang akan digunakan sejak awal, biaya yang harus dikeluarkan bisa diperkirakan. Nah, bagi Anda yang berencana untuk membangun atau merenovasi rumah dalam waktu dekat, simak harga material bahan bangunan yang paling sering dipakai berikut ini!

Besi Beton

99.co

Besi beton adalah material bangunan yang digunakan pada saat membuat beton. Beton merupakan elemen penting pada konstruksi bangunan yang terdiri atas campuran semen, air, pasir, dan kerikil. Fungsi beton adalah untuk menopang bangunan secara keseluruhan. Namun, menambahkan besi pada beton akan membuat fungsinya lebih optimal.

Besi terdiri atas beberapa jenis dan dibedakan berdasarkan diameter serta polanya. Besi jenis D8, misalnya, adalah besi dengan diameter 8 mm. Simbol “D” adalah tanda bahwa besi tersebut bertipe polos. Harga material besi 8 mm polos ini adalah Rp38.390 per batang.

Jenis lainnya adalah besi berbentuk ulir. Pola ini ditandai dengan simbol “o” di depan angka diameter besi. Untuk harga, besi ulir berbeda dengan besi polos. Harga besi ulir dengan diameter 13 mm, misalnya, adalah Rp101.200 per batang.

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Yuk Kenali Berbagai Jenis & Fungsi Beton

Kayu

Photo by Tomas Williams from Pexels

Material bangunan lain yang lazim digunakan adalah kayu. Jenis kayu untuk membangun rumah sangat beragam. Masing-masing jenis kayu tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Salah satu yang cukup banyak diminati adalah kayu borneo. Kayu ini dihasilkan dari pohon perkebunan di kawasan Kalimantan.

Harga kayu borneo berbeda-beda tergantung pada ukurannya. Harga kayu borneo berukuran 5 x 10 m adalah Rp48.000, ukuran 4 x 6 m adalah Rp135.000 per ikat, dan ukuran 6 x 12 m adalah Rp85.000.

Selain itu, ada pula material olahan kayu yang disebut tripleks. Material ini bisa digunakan untuk plafon, dinding temporer, atau bahan membuat furnitur. Harga tripleks dengan ketebalan 9 mm adalah Rp105.000 per lembar.

Semen

Photo by Rodolfo Quirós from Pexels

Semen juga merupakan material yang paling sering digunakan untuk membangun rumah. Guna semen adalah untuk merekatkan batu, bata, atau bahan bangunan lain sehingga tidak terlepas.

Ada beberapa merek semen yang bisa dipilih, yaitu Tiga Roda, Dynamix, dan Gresik. Harga semen Tiga Roda adalah Rp45.000 per sak dengan ukuran 40 kg. Harga semen Dynamix adalah Rp50.000 per sak dengan ukuran 50 kg. Sementara itu, harga semen Gresik adalah Rp44.000 per sak dengan ukuran 40 kg.

Baca juga: Wajib Tahu! 7 Jenis Pondasi Rumah dan Kelebihannya

Pasir, Split, dan Bata

Photo by Engin Akyurt from Pexels

Pasir merupakan salah satu material yang dibutuhkan untuk membuat beton bangunan. Nah, jenis pasir yang biasa digunakan oleh para kontraktor rumah adalah pasir bangka. Harga 1 truk engkel pasir bangka saat ini adalah Rp1.050.000. Untuk ukuran 1 rit, harganya Rp2.850.000.

Selain pasir, ada pula split atau batu belah. Ini adalah batu-batu kecil yang berasal dari batu besar yang dipecah. Harga 1 truk engkel split adalah Rp1.000.000, sedangkan 1 rit adalah Rp2.850.000.

Untuk bata, ada dua jenis yang umum digunakan, yaitu bata kecil dan bata jumbo. Bata kecil dibanderol dengan harga Rp480 per buah, sedangkan bata jumbo seharga Rp600 per buah.

Baca juga: Apakah Anda Memakai Jenis Besi yang Tepat Pada Rumah Anda?

Nah, Anda bisa memperkirakan biaya bangun rumah dengan lebih tepat setelah mengetahui harga bahan bangunan ini. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk proyek bangun rumah atau renovasi, klik tombol di bawah ini dan dapatkan konsultasi gratis dengan tim kami!

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *