Ide dan Tips Memilih Desain Pagar Rumah Terbaik 2020

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Pagar adalah salah satu komponen pengaman utama dalam sebuah rumah. Walaupun ada banyak cluster yang dibangun tanpa pagar, kebanyakan orang masih merasa lebih nyaman jika memiliki pagar. Jika Anda masih bingung bagaimana cara menentukan pagar yang tepat, yuk lihat beberapa ide desain pagar rumah beserta tips pemilihannya berikut ini!

Inspirasi Desain Pagar Rumah

Pagar minimalis dengan teralis besi pipih

Pagar unik ini dapat diterapkan pada rumah minimalis. Bentuk terali besinya yang pipih dan mirip dengan tuts piano ini menambah kesan elegan dan simpel. Tak hanya itu, pagar seperti ini membuat rumah tampak samar dan sulit diamati dari luar sehingga memberikan lebih banyak privasi.

Pagar kayu

Material kayu saat ini sudah mulai sukar ditemui. Dengan menggunakan pagar kayu, rumah tampak lebih berkarakter dan spesial. Serat-serat kayu yang menonjol dapat memberikan kesan alami pada pagar. Tak hanya dari segi estetika, pagar kayu cenderung kukuh dan tak mudah rusak ketika diterpa panas dan hujan.

Pagar kaca frosted

Kesan mengembun yang diberikan oleh pagar ini membuat tampilan rumah tampak lebih sejuk. Bahan kaca frosted yang dipilih harus tebal, tak mudah pecah, dan tahan terhadap benturan.

Baca juga: 5 Gaya Desain Rumah Terbaik 2020, Mana yang Cocok untuk Anda?

Pagar besi ulir

thegatz.com

Pagar yang satu ini sering dijumpai pada rumah-rumah yang mempunyai pekarangan luas. Umumnya, pagar besi ulir dicat dengan warna hitam untuk menimbulkan kesan anggun dan misterius. Apabila ingin menampakkan kesan yang lebih ceria, Anda dapat menggunakan warna cerah pada pagar artistik ini.

Tips Memilih Pagar Rumah

Sebelum memulai renovasi rumah, ada baiknya untuk mengecek beberapa tips pemilihan pagar berikut ini.

Material

homebunch.com

Pilihlah material yang kuat untuk membuat pagar. Bahan terbaik ialah bata karena tak tembus pandang, kuat, mampu menangkal air, serta dapat meredam suara. Namun, pagar bata cenderung membuat kesan terkekang pada sebuah rumah. Anda dapat mengombinasikan material bata dengan besi supaya pagar tetap kukuh.

Tinggi

Pagar yang tinggi memang lebih menjamin keamanan dari tindak kriminal. Namun, Anda harus mempertimbangkan nilai estetika serta biaya yang dikeluarkan. Semakin tinggi ukuran pagar maka semakin banyak pula kebutuhan material dan pengeluarannya. Tinggi ideal pagar kira-kira seukuran orang dewasa, yakni 170 cm. Sebaiknya jangan membuatnya lebih pendek karena orang lain dapat mengintip situasi rumah dari luar.

Baca juga: Ingin Desain Rumah yang Hemat Tempat? Mezzanine aja!

Desain

freshome.com

Hindari pemakaian pagar berdesain horizontal karena dapat memudahkan orang luar menaikinya. Ada baiknya membuat dua pagar terpisah, yaitu pagar kecil dan pagar besar yang kuncinya hanya bisa dibuka dari dalam. Desain pagar seperti ini akan memperlambat pencuri dan membuat mereka kerepotan saat membawa barang curian.

Daya pandang

archdaily.com

Sebagian orang memilih pagar tembus pandang atau tidak rapat untuk keamanan. Hal ini karena penghuni dapat melihat situasi di luar area rumah dan mengawasi aktivitas yang mencurigakan. Pemilihan pagar seperti ini lebih cocok untuk kompleks perumahan yang ramai. Sementara itu, ada baiknya memilih pagar yang tertutup rapat bila tinggal dalam kompleks individualis dan sepi.

Nah, itulah ide dan tips memilih desain pagar rumah yang wajib disimak. Pastikan bahwa pagar rumah aman, dan serasi dengan tema rumah Anda.

Ingin tahu lebih detail tentang pagar rumah dan pembangunan rumah? Mari berkonsultasi dengan Cipta Kreasi. Caranya? Klik tombol di bawah ini dan dapatkan informasi penting dari tim profesional kami.

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *