Cara Menentukan Budget Bangun Rumah Sendiri

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Jika Anda memutuskan untuk membangun sendiri rumah tinggal impian, satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah budget bangun rumah Anda. Adanya perhitungan anggaran ini akan membantu Anda menentukan berapa jumlah budget bangun rumah yang harus disiapkan untuk membangun rumah idaman Anda.

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhitungkan dalam budget bangun rumah:

1. Luas Lahan yang Digunakan

Poin ini sering dianggap remeh, padahal pengukuran lahan menjadi hal penting yang harus diperhitungkan ketika hendak mendirikan rumah tinggal. Menghitungnya pun harus cermat dan hati-hati, terlebih jika Anda memilih lokasi yang terbilang padat penduduk.

Ukuran lahan yang tidak akurat akan berdampak pada rancangan bangunan yang sudah ada. Ujung-ujungnya denah harus dirubah dan akan memakan lebih banyak biaya dan waktu Anda.

2. Biaya untuk Jasa Arsitek atau Kontraktor

Budget bangun rumah selanjutnya yang harus disiapkan adalah biaya tambahan jika Anda menggunakan arsitek atau kontraktor. Mungkin memang lebih mahal, tetapi kemungkinan terjadinya risiko salah konstruksi pada rumah Anda bisa dikurangi. Lebih baik mahal di depan daripada harus menyiapkan biaya tambahan untuk renovasi, bukan?

Selain itu, dengan bantuan jasa arsitek maupun kontraktor, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan rumah yang sesuai dengan konsep, gaya hidup, maupun kebutuhan Anda. Mereka dapat memberikan saran terbaik yang akan membuat rumah tinggal Anda tidak hanya sempurna dalam segi fungsi, tetapi juga estetika. Tidak hanya membuatkan rancangan bangunan, arsitek dan kontraktor pun dapat membantu Anda menghitung rencana anggaran yang Anda butuhkan secara lebih matang.

3. Membuat Daftar Rencana Penggunaan Material Bangunan

Tanah sudah dihitung, rancangan bangunan juga sudah siap, anggaran pun sudah dibuat. Sekarang, waktunya Anda menentukan material apa yang akan digunakan untuk membangun rumah tinggal. Beberapa material dasar yang harus ada tentu saja semen, batu kerikil, pasir, batu kali, dan besi untuk membuat pondasi dan kolom.

Sementara untuk dinding bisa menggunakan batu bata merah atau putih, bisa juga menggunakan material kayu untuk rumah bergaya rustic pada bagian dinding, lantai, atau rangka untuk atap rumah. Bagian atap juga bisa menggunakan material baja ringan dengan genteng. Jangan lupa, anggarkan pula untuk membeli kusen, pintu, jendela, dan material untuk kamar mandi. Semuanya memiliki rentang harga yang berbeda yang disesuaikan dengan luas ruangan dan bangunan.

Tips: Jangan lupa untuk membandingkan harga di beberapa supplier bangunan untuk mendapatkan harga terbaik. Jika Anda tidak memiliki koneksi ke supplier bangunan, akan lebih baik bila Anda memakai jasa kontraktor. Karena kontraktor sudah memiliki partner supplier bahan bangunan yang dapat memberikan material berkualitas dengan harga bersaing.

4. Upah untuk Para Pekerja

Tinggi rendahnya upah pekerja bangunan tentu tidak sama antara satu kota dengan kota lainnya. Besarannya pun disesuaikan dengan keahlian dan tugas yang perlu dilakukan. Pembuatan pondasi, dinding, pemasangan genteng, memasang kusen, lampu, pengecatan hingga instalasi listrik, semua memiliki tarif yang berbeda. Pastinya, Anda perlu mencari informasi terlebih dahulu terkait tarif pekerja bangunan ini, sehingga biayanya tidak lebih besar dari budget bangun rumah yang sudah direncanakan.

Penting: Kalau Anda memilih untuk memakai tukang (tidak memakai jasa kontraktor) pastikan bahwa Anda mengenal baik para tukang atau meminta identitas jelas. Karena ada banyak kasus dimana tukang akan mengulur waktu proyek (untuk mendapatkan lebih banyak upah harian), meninggalkan proyek rumah tengah jalan dan yang lebih parahnya lagi membawa kabur uang proyek Anda. Jadi hati-hati ya, dalam memilih tukang.

Baca juga: 5 pertanyaan yang wajib anda tanyakan sebelum membangun rumah

5. Perhitungan Final Budget Bangun Rumah

Perhitungan final budget bangun rumah Anda didapatkan dengan menjumlahkan semua biaya dari poin satu sampai empat. Jika jumlahnya terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan budget yang Anda anggarkan, sebaiknya lakukan perubahan untuk memangkasnya, caranya bisa mengubah desain rumah atau memilih material yang lebih terjangkau harganya.

Agar hunian impian sesuai dengan budget yang direncanakan, sebaiknya Anda menggunakan jasa kontraktor atau arsitek terbaik. Tidak perlu jauh mencari, karena Anda bisa langsung menghubungi Cipta Kreasi. Cukup klik tombol dibawah ini dan dapatkan konsultasi gratis dengan tim kami.

Lihat juga: Contoh rancangan anggaran biaya (RAB) kontraktor Cipta Kreasi disini

Sudah siap memiliki rumah impian?

Tim Cipta Kreasi Kontraktor

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Yuk Konsultasi Gratis!