Beli Rumah atau Bangun Rumah. Mana yang Lebih Menguntungkan?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Ketika Anda berniat untuk memiliki hunian pribadi, Anda akan dihadapkan pada pilihan yang cukup sulit: beli rumah jadi atau bangun rumah sendiri. Masing-masing opsi tentunya memiliki plus minus yang harus dipertimbangkan secara matang, terutama karena keduanya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Nah, supaya Anda tidak menyesal nantinya, simak dulu yuk kelebihan dan kekurangan beli rumah dan bangun rumah sendiri!

Membeli Rumah Jadi

Bagi Anda yang ingin buru-buru pindah ke rumah baru, membeli rumah jadi bisa jadi pilihan terbaik. Pertimbangannya adalah sebagai berikut:

1. Langsung Bisa Ditempati

Saat membeli rumah siap huni, Anda tak perlu menunggu lama seperti ketika membangun rumah sendiri. Jika transaksi dan serah terimanya lancar, dalam 1-2 bulan Anda sudah bisa menghuni rumah tersebut.

Tapi, tentunya Anda masih perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk renovasi jika ada bagian rumah yang ingin ditambahkan atau tak sesuai keinginan.

2. Lebih Praktis

Membangun rumah adalah proses yang melelahkan, apalagi jika tanpa bantuan kontraktor. Berbeda saat membeli rumah jadi, Anda tidak perlu repot-repot menyusun anggaran, belanja material, mengawasi prosesnya, serta mengurus perizinannya. Semua sudah siap dan legalitas pun terjamin.

3. Lingkungan Lebih Nyaman

Rumah-rumah yang dibangun pengembang biasanya didirikan di area yang mapan dan strategis. Ini jadi nilai plus bagi Anda yang ingin tinggal di lingkungan yang nyaman, bersih, dan tidak sembarang orang bisa masuk ke kompleks perumahan.

4. Fasilitas Penunjang

Keuntungan lain dari membeli rumah jadi adalah fasilitas penunjang. Ya, untuk menunjang kenyamanan penghuni rumah, developer umumnya juga menyediakan fasilitas tambahan seperti taman bermain, rumah ibadah, pusat kebugaran, lapangan, dan sebagainya—semua dalam satu kawasan.

Baca juga: Jangan pilih lokasi rumah yang tidak memiliki 5 hal ini

Membangun Rumah Sendiri

Membangun rumah sendiri bisa jadi pertimbangan untuk Anda yang ingin punya hunian sesuai dengan selera pribadi. Berikut pertimbangannya:

1. Bebas Menentukan Desain Sendiri

Keuntungan pertama dari membangun rumah sendiri adalah Anda bebas menentukan desain rumah sesuai dengan selera dan kreativitas pribadi. Anda pun lebih leluasa menentukan tata letak ruang, memilih jenis material yang akan digunakan, berapa anggarannya, siapa tukang penggarapnya, dan lain-lain.

2. Budget Bisa Diatur

Berbeda dengan membeli rumah jadi yang anggarannya sudah fixed, membangun rumah pribadi bisa lebih menguntungkan dari sisi budgeting karena Anda bisa lebih leluasa menentukan jumlah dana yang dikeluarkan.

Bahkan jika di tengah jalan budget habis, proses pembangunan rumah bisa ditunda sementara waktu dan dilanjutkan kembali saat tabungan sudah terkumpul. Jadi, bangun rumah sendiri cocok untuk Anda yang tak ingin berutang.

Baca juga: Cara menentukan budget bangun rumah sendiri

3. Sudah Kenal Lingkungan dengan Baik

Tentunya sebelum memutuskan untuk membangun rumah, Anda sudah mengenal lingkungan kanan-kirinya sehingga tak perlu lagi beradaptasi saat rumah sudah ditempati nanti. Kesan nyamannya tentu juga berbeda dibanding saat Anda harus tinggal di rumah jadi dengan suasana yang sama sekali baru.

4. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Renovasi

Karena dibangun dengan selera dan keinginan sendiri, Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk renovasi. Perbaikan mungkin baru akan dilakukan ketika ada bagian-bagian rumah yang rusak atau bocor.

Bangun rumah sendiri atau beli rumah jadi tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mana yang paling cocok untuk Anda?

Jika Anda berniat untuk membangun rumah sendiri, Cipta Kreasi Kontraktor siap membantu mewujudkan rumah idaman Anda. Dapatkan konsultasi gratis bersama tim kami dengan klik tombol dibawah ini.

Selamat memilih,

Tim Cipta Kreasi

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Yuk Konsultasi Gratis!