7 langkah mudah membangun rumah dengan jasa kontraktor

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on email

Semua orang pasti ingin dapat membangun tempat tinggal yang nyaman dan indah bagi mereka dan keluarga. Namun, proses bangun rumah itu cukup kompleks. Sehingga, banyak orang seringkali tidak tahu mau mulai dari mana & proses seperti apa yang harus mereka jalani jika ingin membangun rumah idaman. Oleh sebab itu, sangatlah masuk akal bagi anda untuk membangun rumah dengan jasa kontraktor guna mewujudkan rumah impian anda.

Berikut adalah 7 langkah mudah yang akan ada jalani ketika anda memilih untuk membangun rumah dengan jasa kontraktor.

1. Tentukan lokasi, budget, dan rumah seperti apa yang anda inginkan

3 hal ini adalah tahap pertama dalam membangun rumah yang harus anda tentukan. Saat anda sedang menentukan budget, lokasi, dan rumah yang anda inginkan, anda juga harus mempertimbangkan hal-hal yang menjadi prioritas bagi anda dan keluarga. 

Karena rumah anda nantinya akan mempengaruhi aktivitas anda sehari-hari bersama keluarga. Misalkan, bila anda memilih untuk memiliki rumah yang cukup besar dengan harga yang lebih murah, lokasi yang anda dapatkan kemungkinan besar akan cukup jauh dari pusat kota. 

Coba pertimbangkan jarak dari rumah anda ke tempat-tempat seperti: sekolah anak, kantor anda, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dll. 

Lihat juga: Jangan pilih lokasi rumah yang tidak memiliki 5 hal ini

2. Membuat gambar layout rumah anda bersama arsitek

Cropped shot of professional architect and engineer working on the construction plan together

Setelah anda memiliki gambaran tentang layout dan model rumah seperti apa yang anda inginkan, sekarang saatnya untuk mencari arsitek yang dapat menuangkan gambaran rumah impian anda kedalam kertas. 

Pada proses konsultasi, anda akan diminta untuk menggambarkan secara detail rumah yang anda inginkan. Dari jumlah kamar, posisi ruangan, model rumah, warna, jadi pastikan bahwa anda sudah melakukan riset anda & dapat menunjukan referensi gambar dari design yg anda inginkan pada arsitek anda. 

P.S. Jika anda merasa kesulitan dalam mencari arsitek yang dapat menghasilkan design yang sesuai dengan keinginan anda, anda dapat meminta referesi pada kontraktor anda. Karena ada beberapa jasa kontraktor yang juga menyediakan jasa arsitek, interior designer, sampai lighting consultant. 

3. Konsultasi dengan kontraktor & penentuan RAB proyek anda

Setelah anda memiliki gambar kerja rumah anda dari arsitek, sekarang waktunya untuk berkonsultasi dengan kontraktor anda. Pada proses ini, kontraktor akan memastikan kembali kebutuhan anda (budget, target rumah selesai, dll), menjelaskan proses kerja/tahapan membangun rumah anda, dan apa saja yang perlu anda siapkan.

Gambar kerja rumah anda kemudian akan diserahkan kepada tim kontraktor untuk dihitung, dan dari situ, kontraktor akan mengajukan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dari proyek rumah anda. 

4. Mengurus keperluan legalitas

Setelah anda menyetujui RAB yang diajukan oleh kontraktor anda, sekarang saatnya untuk membuat perjanjian kontrak proyek bangun rumah anda untuk memastikan bahwa kedua pihak mengetahui tanggung jawab dan konsekuensi masing-masing. 

Proses selanjutnya adalah untuk mengurus surat IMB atau (Ijin mendirikan bangunan) yang akan memakan waktu sekitar 3-4 bulan. Untuk mengurus IMB, pastikan anda memiliki dokumen berikut:

  • Laporan data & analisis kondisi serta situasi tanah
  • Bukti status kepemilikan hak atas tanah atau perjanjian pemanfaatan tanah
  • Dokumen pernyataan bahwa tanah tidak dalam status sengketa
  • Surat pemberitahuan pajak terutang bumi dan bangunan (SPPT-PBB) tahun berkenaan
  • Gambar IMB, dan dokumen lain yang mendukung

Atau baca lebih lanjut disini: Mengurus surat IMB, apa saja yang perlu dipersiapkan?

5. Proyek rumah anda mulai berjalan

Setelah semua dokumen telah diurus dan pembayaran progress pertama telah dilakukan,  proyek rumah anda dapat dimulai. Kontraktor anda akan mulai memesan bahan bangunan yang akan dipakai, mendatangkan tukang, dan proses pembangunan akan mulai berjalan.

6. Pantau progress rumah anda

Untuk memastikan bahwa proyek berjalan dengan lancar sesuai batas waktu yang sudah ditentukan, kontraktor anda akan memberikan update progress di lapangan kepada anda. 

Tetapi, akan lebih baik jika anda dapat menyempatkan diri untuk datang ke lokasi pembangunan secara langsung setiap 2-3 minggu sekali, agar bila ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan, dapat segera dilaporkan ke pihak kontraktor. 

Penting: Pastikan bahwa progress di lapangan sesuai dengan biaya yang ditagih kepada anda. 

7. Rumah idaman anda siap ditempati!

Akhirnya, bila semua berjalan dengan lancar, rumah idaman anda pun sudah terwujud dan siap anda tempati bersama keluarga tercinta. Pastikan bahwa setelah proyek pembangunan selesai, anda melakukan pengecekan yang menyeluruh untuk memastikan bahwa rumah anda aman, nyaman, dan indah untuk ditempati. 

P.S. Jangan lupa untuk menanyakan soal proses claim garansi bocor/retak/rembes kepada kontraktor anda. 

Selamat membangun!

Team Cipta Kreasi Kontraktor

Siap membangun rumah impian anda & keluarga bersama Cipta Kreasi?

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Jangan sampai salah ambil keputusan!

Dapatkan penjelasan lengkap seputar proses membangun rumah dengan download eBook “10 Hal yang Harus Saya Ketahui Sebelum Membangun Rumah”

Rekomendasi Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Yuk Konsultasi Gratis!